Kamis, 19 Januari 2012

Pengertian Ulul’Azmi


Pengertian Ulul’Azmi


     Ulul ‘azmi artinya orang-orang yang memiliki kemauan  yang kuat dan teguh. Rasul-rasul yang termasuk dalam kelompok Ulul ‘Azmi adalah para rasul yang terkenal kesabaran dan ketabahanya dalam menjalankan tugas, sehingga kesabaran mereka dipuji oleh Allah SWT dan dijadikan sebagai contoh kesabaran yang baik. Hal itu di tegaskan dalam Al Qur’an surat Al Ahqaf ayat 35 :

Artinya :
Maka bersabarlah kamu sepeulrti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul yang telah bersabar ….

     Para ulama berbeda pendapat  tentang rasul Ulul ‘Azmi. Sebagai ulama berpendapat bahwa semua rasul yang di utus Allah SWT adalah Ulul ‘Azmi, karena pada dasarnya semua rasul mempunyai kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi segala cobaan, godaan dan halangan ketika menjalankan tugasnya.
     Akan tetapi sebagian besar ulama berpendapat,  bahwa rasul-rasul yang termasuk Ulul ‘Azmi hanya lima orang, yaitu : Nabi Muhammad saw, Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as, Nabi Isa as, dan Nabi Nuh as. Penderitaan yang dialami oleh kelima rasul ini luar biasa, tetapi mereka sangat tabah dan sabar menanggung penderitaan dan tetap melaksanakan tugas dalam keadaan bagaimanapun.
Nama kelima rasul itu secara khusus disebut oleh Allah SWT dalam Al Qur’an, berikut :
v  Surat Al Ahzab ayat 7 :

Artinya :
Dan (ingatlah) ketika kami mengambil perjanjian sari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa, Isa putra Maryam, dan kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.

v  Surat Asy  Suura ayat 13 :

Artinya :
Dia telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada nuh dan apa yang telah kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa, yaituTegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya.

     Bagi jumhur (sebaguan besar) ulama, bahwa Nabi dan Rasul Allah SWT mempunyai derajat masing-masing, ada yang lebih tinggi, ada yang lebih rendah. Dasar yang dipakai mereka untuk menyatakan hal tersebut adalah firman Allah dalam surat Al Israa’ ayat 55 :

  Artinya :
Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah kami lebihkan sebagai nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami berikan Zabur kepada Daud.

     Nabi dan rasul yang paling tinggi derajatnya dan paling utama adalah Nabi Muhammad saw, kemudian nabi dan rasul yang termasuk Ulul ‘Azmi yang lain, setelah itu rasul-rasul selain Ulul ‘Azmi, yang terakhir adalah para nabi yang tidak menjadi rasul.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

IkaN BiTTe...